gravatar

Website Sekolah



Website sekolah adalah salah satu 'senjata' bagi sekolah untuk menunjukan jati diri mereka pada orang banyak. Sekaligus sebagai media informasi bagi orang-orang luar yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang sekolah tersebut. Di sisi lain, website sekolah bisa dijadikan sebagai ajang promosi sekolah saat tahun ajaran baru.
3 manfaat pentingnya Website sekolah:
1. Memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti : Fasilitas yang tersedia, Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pebelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.

2. Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya : komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antara siswa melalui media forum, komunikasi antara orangtua siswa/ calon siswa dengan sekolah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara sekolah dengan institusi pendidikan di dalam/luar daerah, komunikasi  antara sekolah dengan alumni.


3. Sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat, seperti : pengumuman, Pers Release, dan Berita resmi sekolah.

Sayangnya, ada beberapa hal sering terjadi pada website-website sekolah. Mulai dari kurang update karena tidak punya tim pengurus/redaksi yang siap mengurus dan memberi informasi lewat website sekolah hingga masalah kehabisan bandwidth karena hosting yang kurang mencukupi.

Oleh karena itulah diperlukan adanya sistem pengelolaan website seperti memiliki struktur organisasi pengelola perangkat teknologi secara terstruktur yang menangani perangkat keras, perangkat lunak, tim desain web dan tim pengelola informasi serta tim redaksi yang mengelola sistem publikasi dan komunikasi.

Walaupun sepertinya terlalu ribet dan rumit untuk website sekolah, tapi hal itu sebenarnya akan sangat berguna jika benar-benar diterapkan pada website sekolah. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana banyak orang yang suka mencari informasi lewat internet.

Masalah berikutnya adalah pada domain. Ada beberapa sekolah yang masih menggunakan domain gratisan untuk website mereka, tapi website tersebut kemungkinan besar dikelola oleh siswanya dan tidak bersifat resmi. Sementara beberapa sekolah malah beralih ke domain TLD yaitu, .com atau .net. Sementara beberapa sekolah masih menggunakan domain sch.id

Kalau bagi saya, sebuah website sekolah lebih baik jika menggunakan domain sch.id ataupun .net, kalau menggunakan .com, walaupun terkesan profesional dan lebih terkenal namun sepertinya sangat komersial dan sepertinya lebih cocok untuk bisnis atau personal dari pada sebuah website sekolah. Tapi, semua itu kembali lagi pada pihak sekolah itu sendiri.

Keberadaan website sekolah memang cukup diperlukan, selain sebagai sumber informasi bagi siswa didunia maya..website juga dapat memperkenalkan sekolah tersebut pada khalayak umum seluruh Indonesia bahkan dunia.  Website sekolah yang kubuat bukanlah web biasa, melainkan website yang terdaftar pada domain indonesia (.id) yang direkomendasikan oleh Depkominfo untuk berekstensi .sch.id (school indonesia).
Untuk membuat website tersebut tentunya kita harus mendaftar pada pengelola domain .id yaitu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).  Untuk membuat website sekolah dengan domain .sch.id biayanya sangat murah yaitu Rp. 50.000,- untuk 1 tahun.  Caranya cukup mendaftar di PANDI dan melengkapi persyaratannya yaitu :
  1. Fotocopy KTP Pengelola (Admin Web)
  2. Surat Kuasa dari sekolah untuk pengelola website
  3. Surat Permohonan dari sekolah yang ditanda tangani Kepsek
Semua dokumen diatas dikirim dalam bentuk .jpg kepada PANDI.  Setelah menunggu 24 jam maka PANDI mengirimkan balasan melalui email dan memberitahukan bahwa domain telah siap digunakan.


Terkait: http://sman1huu.blogspot.com/

Artikel Terkait by Categories



Oleh Mustafa
Bagikan

.

.

MustafaRizaldi

IsLam

Tentang Islam