gravatar

Sejarah Sistem Operasi

Sistem operasi (SO) atau Operation system adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software.Macam-Macam SO adalah: UNIX/LINUX, DOS, Mac, Windows, dan masih banyak lagi. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara Aplikasi dengan Hardware. Tanpa Sistem Operasi, sebuah komputer/Laptop tidak akan berguna walaupun komputer teman-teman memiliki specification yang sangat tinggi (hee,hhee dikutip kata-katanya Dosen), karna merupakan roh bagi sebuah komputer.


Nah,, teman-teman. . Yang di Bahas saya kali ini adalah Sistem Operasi "Windows" karna SO yang satu ini adalah tidak asing kita semua.Lihat selengkapnya..!!

Sistem Operasi “Windows” dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Wahh,, teringat pada sebuah film "Pirates of Silicon Valley" yang menceritakan tentang awal mula munculnya Microsoft.
Nahh,, Mengapa Sistem Operasinya dinamakan “Windows” ?. Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil.
Sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan.
Dulu, akhir tahun 1980 (Awal tahun 1990 – 1994) terkenal sistem operasi Windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X),
berubah lagi menjadi Windows 2000 dan saat ini Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium) sedang banyak digunakan.

Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah dimasukkan software untuk memainkan musik digital dan video, pengaturan untuk jaringan di rumah serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakan sistem. Selain itu ada juga yang namanya “Windows NT”, yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal.

Sekarang Microsoft telah memperkenalkan dan meluncurkan produk MS Windows dan Office yang terbaru. Produk itu disebut Windows Vista dan Office 2007. XP kepanjangannya “experience”. efek dan tampilan di windows Vista sangat bagus anda pasti ingin memilikinya kan……?Apalagi dengan Office 2007, mungkin ketika melihat tampilannya anda akan bingung namun ketika anda tahu begitu ringkasnya maka anda akan berpendapat lain. Dengan kemudahan yang didapat dan so fleksibel mungkin.

Sejarah Revolusinya:
Windows 1

Windows 1 sebenarnya tidak lebih dari MS-DOS yang disempurnakan. Tidak memiliki fitur keren dan memperoleh pasar yang buruk. Windows 1 bukan OS yang lengkap dan jelas langsung terlindas oleh dominasi Mac OS.

Windows 2

Windows 2 rilis pada November 1987, dan sedikit lebih populer dari windows sebelumnya. Baru pada Windows 2.03 produk ini jadi lebih populer karena sudah mulai pseudo multitasking.

Windows 3

Rilis pada 1990, merupakan windows pertama yang laris manis di pasaran. Terjual sebanyak 2 juta kopi dalam 6 bulan pertama. GUI dan fitur yang bertambah merupakan kunci dari Windows 3.1 yang membawa nya berhasil merebut hati pasar. Multitasking adalah kunci penjualan di windows 3.

Windows 95

Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi.

Windows 98

Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE.

Windows ME

Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada "plug and play". Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.

Windows XP

Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.

Windows Vista

Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.

Windows 7

Windows 7 adalah windows yang pertama kali membuat microsoft berdedikasi untuk merilis operating system yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti tren teknologi jaman sekarang dan didesain dengan tampilan super mewah.




Windows 8

Nahh,,, siaappp siaapp dikejutkan dengan tampilan baru windows 8 yang didesain khusus lebih mengarah ke tampilan tablet..
Rencananya akan dirilis bulan Juni ini..

Artikel Terkait by Categories



Oleh Mustafa
Bagikan

.

.

MustafaRizaldi

IsLam

Tentang Islam