gravatar

Praktikum 9 (Rendering Objek)



Praktikum 9 (Rendering Objek)


Memulai Project Baru:

Pada saat teman-teman akan membuat project baru untuk membuat garis dengan berbagai macam bentuk pada Microsoft Visual Studio 2008, langkah-langkah nya sebagai berikut:
1. Buka aplikasi Microsoft Visual Studio 2008
2. Pilih menu File-News-Project. Sehingga akan terbuka jendela dialog baru seperti di bawah ini:
3. Pilih win.32 Console Application  dan beri nama projectnya misal: Praktikum02. Klick Next, kemudian pada bagian Additional Options, contreng pilihan Empty project. Merupakan project yang kita mulai dari dasar, bukan dari template yang disediakan oleh Microsoft Visual Studio.
4. Jika project sudah berhasil tercreate, maka pada Microsoft Visual Studio di bagian paling kiri akan muncul folder project yang batu kita buat. Klick kanan pada folder Sources Files,  lalu pilih menu Add->New Item,  pilih C++ File(.cpp), kemudian beri nama, misal: lines.
5. Buka file lines.cpp pada editor kode program, lalu tuliskan kode program berikut ini:


#include <windows.h> 
#include <stdio.h> 
#include <stdlib.h> 
#include <string.h>
#include <stdarg.h> 
#include <glut.h>
#include <glu.h>



voidinitRendering() {
       glEnable(GL_DEPTH_TEST);
       glEnable(GL_COLOR_MATERIAL);
       glEnable(GL_LIGHTING);
       glEnable(GL_LIGHT0);
       glEnable(GL_LIGHT1);
       glEnable(GL_NORMALIZE);
       glShadeModel(GL_SMOOTH);
}

voidhandleResize(int w, inth) {
       glViewport(0, 0, w, h);
       glMatrixMode(GL_PROJECTION);
       glLoadIdentity();
       gluPerspective(45.0, (double)w / (double)h, 1.0, 200.0);
}

float_angle = 60.0f;
voiddrawScene() {
       glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
       glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
       glLoadIdentity();
       glTranslatef(0.0f, 0.0f, -8.0f);

       GLfloat ambientColor[] = {0.2f, 0.2f, 0.2f, 1.0f};
       glLightModelfv(GL_LIGHT_MODEL_AMBIENT, ambientColor);

       GLfloat lightColor0[] = {0.5f, 0.5f, 0.5f, 1.0f};
       GLfloat lightPos0[] = {4.0f, 0.0f, 8.0f, 1.0f};
       glLightfv(GL_LIGHT0, GL_DIFFUSE, lightColor0);
       glLightfv(GL_LIGHT0, GL_POSITION, lightPos0);
//radius
       GLfloat lightColor1[] = {0.5f, 0.2f, 0.2f, 1.0f};

       GLfloat lightPos1[] = {-1.0f, 0.5f, 0.5f, 0.0f};
       glLightfv(GL_LIGHT1, GL_DIFFUSE, lightColor1);
       glLightfv(GL_LIGHT1, GL_POSITION, lightPos1);

       glRotatef(_angle, 1.0f, 1.0f, 0.0f);
       glColor3f(1.0f, 1.0f, 0.0f);
       glBegin(GL_QUADS);
      
       //Front
       //glNormal3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, -1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(1.5f, -1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);
      
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glVertex3f(0.0f, 2.0f, 0.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);

      
       //Right
       //glNormal3f(1.0f, 0.0f, 0.0f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(1.5f, -1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(1.5f, -1.0f, 1.5f);

       glVertex3f(1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glVertex3f(0.0f, 2.0f, 0.0f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, -1.5f);
      
       //Back
       //glNormal3f(0.0f, 0.0f, -1.0f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, -1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(1.5f, -1.0f, -1.5f);

       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glVertex3f(1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glVertex3f(0.0f, 2.0f, 0.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, -1.5f);
      
       //Left
       //glNormal3f(-1.0f, 0.0f, 0.0f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, -1.0f, -1.5f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, -1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, 1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glNormal3f(-1.0f, 0.0f, -1.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, -1.5f);

      
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, -1.5f);
       glVertex3f(0.0f, 2.0f, 0.0f);
       glVertex3f(-1.5f, 1.0f, 1.5f);



       glEnd();
      
       glutSwapBuffers();
}

voidupdate(int value) {
       _angle += 1.5f;
       if(_angle > 360) {
              _angle -= 360;
       }
      
       glutPostRedisplay();
       glutTimerFunc(25, update, 0);
}

intmain(int argc, char** argv) {
       glutInit(&argc, argv);
       glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB | GLUT_DEPTH);
       glutInitWindowSize(400, 400);
       glutCreateWindow("Lighting - videotutorialsrock.com");
       initRendering();
       glutDisplayFunc(drawScene);
       glutReshapeFunc(handleResize);   
       glutTimerFunc(25, update, 0);
      
       glutMainLoop();
       return 0;
}

6. Lakukan pengubahan properti program dengan memilih menu:
   -Project-> Properties, atau tekan tombol Alt+F7
   -pada Configuration Properties->General->Linker->Input->Additional Dependencies, masukkan library-librari yang dibutuhkan. Ketikkan: opengl32.lib glu.32.lib glut32.lib
   -Pada Configuration Properties->C/C++->Advance->Disable Spesific Warnings ketik 4996 (pilih level 3).
7. Lakukan kompilasi dan jalankan program dengan menekan tombol F5. Maka hasil running akan tampak seperti di atas.


Penting teman-teman bisa mencoba mengganti sedikit demi sedikit nilai kode program di atas sambil melihat perubahannya

Artikel Terkait by Categories



Oleh Mustafa
Bagikan

.

.

MustafaRizaldi

IsLam

Tentang Islam